BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN

kumpulan materi diklat pai


AMANDEMEN UUD 1945(I)

SELASA, 23 NOPEMBER 2010

v DATA PRIBADI: SHOHIB, M.Ag (*)

v JABATAN: WIDYAISWARA MUDA

v HP. 08170291023

v PAKEM: PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF MENYENANGKAN

v PAIKEM: PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF MENYENANGKAN

v GEMBROT: GEMBIRA BERBOBOT

v AMANDEMEN: PERUBAHAN,MENAMBAL SESUATU YANG BOLONG.

v PASAL 31 UUD 1945, PEMERINTAH MENGANGGARKAN 20 % UNTUK ANGGARAN DANA PENDIDIKAN.

v TUNTUTAN REFORMASI : AMANDEMEN UUD 1945

: OTONOMI DAERAH

v DALAM AMANDEMEN ADA KESEPAKATAN:

1. TIDAK MERUBAH NKRI.

2. TIDAK MERUBAH PEMBUKAAN.

3. TIDAK ADA PENJELASAN.

PP NO 53 THN 2010

PASAL 17 UUD 1945 SETELAH DIAMANDEMEN TIDAK MEMIMPIN DEPARTEMEN TAPI MEMBAWAHI URUSAN TERTENTU.  MAKANYA DEPAERTEMEN SEKARANG DIGANTI DENGAN KEMENTRIAAN.

PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA (2)

DRS. YOYO SUPRIYONO, M.Ag (-)

  • Ø ANDRAGOGI: PENDIDIKAN ORANG DEWASA.
  • Ø TANTANGAN ABAD 21:

GLOBALISASI, KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI .>>>>>>PERUBAHAN SOSIAL>>DIBUTUHKAN JATI DIRI

YANG SESUAI DENGAN NILAI BANGSA INDONESIA.

  • Ø NILAI: HARGA, MAKNA,ISI DAN PESAN SEMANGAT JIWA YG TERSURAT ATAU YG TERSIRAT DALAM FAKTA, KONSEP
  • Ø STANDAR NILAI:

-STANDAR AGAMA

-STANDAR ETIKA

-STANDAR ESTETIKA

-STANDAR HUKUM

-STANDAR LOGIKA

-STANDAR EKONOMI

  • Ø BUDAYA: KESELURUHAN SISTEM YG MELIPUTI NILAI, WATAK.
  • Ø KARAKTER:

FUNGSI:

-Pengembangan, afektif, kognitif dan psykomotor.

Tujuan:

-mengembangkan potensi kalbu peserta didik

-mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik.

-menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik

-mengembangkan kemandirian peserta didik.

-mengembangkan lingkungan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur penuh keikhlasan dan persahabatan.

Islam santri, abangan, priyayi.

Klasifikasi Nilai:

Nilai simbolis

Nilai Empiris

Nilai estetis

Nilai etis

Makna Tata Nilai

What we want, we can only teach,what we are

4 koridor pembentukan karakter: menanam….

-Tata nilai

-mana yang boleh dan tidak

-kebiasaan

-teladan

When wealth is lost, nothing is lost

When health is lost, something is lost but

When character is lost, everything is lost.

Ketika kekayaan itu hilang, tidak ada yg hilang, ketika kesehatan hilang, sesuatu hilang tetapi jika karakter hilang, maka hilanglah semuanya.

Bagaimana membangun karakter:

-pendidikan, pengalaman,percobaan dan pengaruh lingkungan.

Kepribadian yg tangguh:

IQ< EQ, SQ,AQ

Kewirausahaan sekolah(3)(*) Drs. Yoyo

Standar kompetensi guru/kepala sekolah

1.  Kompetensi pedagogic

2.  Kompetensi kepribadian ……….guru

3.  Kompetensi social

4.  Kompetensi professional

5.  Kompetensi manajerial

6.  Kompetensi supervise

7.  Kompetensi kepribadian ……kepala sekolah

8.  Kompetensi social

9.  Kompetensi kewirausahaan

Kompetensi Dasar

-kreatifitas dan inovasi

-4p: produk, proses, perilaku dan pres

-perwujudan perilaku

Entrepreneur mindset

1.  Punya mimpi (dream)

2.  Mau berubah (transformation)

3.   Kenyataan (reality)preneurship

4.  Kreatifitas (creativity)

5.  Berubah yg baik (innovation)

6.  Entrepreneur

Entrepreneurship : Kemampuan berfikir kreatif dan keberanian bertindak inovasi dgn memanfaatkan sumber daya untuk meraih peluang

Entrepreneur: orang yg memiliki kemampuan entrepreneurship. Indikatornya:

1.  Sebagai pemimpin (manager)

2.  Sebagai risk taker (penantang resiko)

3.  sebagai  motivator

4.  sebagai provokator

Boos Dreamer

A. Visioner berwawasan jauh ke depan

B. Ambisius, selalu mempunyai pengharapan lebih baik

Kunci SUKSES guru entrepreneur:

1.  Best quality (semua program hrs bagus)

2.  Low cost(efeciency) semua tindakan hrs hemat

3.  Quality delivery (  just in time) semua layanan harus cepat

4.  Flexibility (acceptability) semua program harus menyesuaikan perkembangan.

Modal Dasar Guru yang Entrepreneur:

1.  Spirit (motivasi)

2.  Knowledge

3.  Skill

Apa yg hrs berubah pd seorang guru?

  • -cara berfikir….pasif ke kreatif
  • Tindakan kita….statis ke inovatif
  • Kebiasaan….malas ke disiplin
  • Sikap dan nilai….ragu ke percaya diri
  • Prestasi….rendah ke tinggi
  • Norma…..culas ke etis
  • Kerjasama….individualis ke networking
  • Penampilan….lecek ke perfec

Kreatifitas: kemampuan berfikir

Kewirausahaan: sebuah proses di mana

LOSARINI SUMARTA, M.Pd

KTSP (4) , Rabu 24 Nopember 2010

Mengapa kurikulum musti berubah dan menjadi KTSP?

Pandangan politis : ganti menteri ganti kurikulum

Pandangan non politis: perkembangan kebutuhan masyarakat.

1. Potensi siswa

2. Mutu hasil pendidikan

3. Persaingan global

Sejarah kurikulum:

1968, SR 16 mp, smp 17 mp, sma 18mp.

1975  , 1984  sd 11 smp 12 sma 15 , 1994 sd,1999 suplemen 1994 penyesuaian materi pelajaran ppkn, 2004 KBK ,KTSP pengembangan dr KBK

Alasan dipilihnya KTSP:

Karakteristik KTSP:

1. Mengembangkan kompetensi siswa

2. Guru bukan satu-satunya sumber belajar

3. Penilaiannya lebih ditekankan pd penilaian  proses

Games…

1. Berhitung, stiap hitungan ke 1 tangan di pundak, selanjutnya yg melanjutkan hitungan searah tangan di pundak  dan hitungan ke tujuh bilang seven tangan di atas kepala.

2. COCONUT, MENYEBUTKAN huruf-huruf dengan gerakan anggota tubuh.

3. Membuat kalung.

4. Melatih konsentrasi dg mengangkat jari telunjuk dan tengah lalu sebutkan dagu dan letakkan di kening…..

Komponen-komponen KTSP

1. Visi dan misi

2. Tujuan pendidikan

3. Kalender pendidikan

4. Alokasi waktu

5. Silabus

6. RPP

Mekanisme penyusunan KTSP

1. Analisis kekuatan kelemahan sekolah

2. Pembentukan tim

3. Penyusunan draf

4. Revisi

SILABUS DAN RPP (5)

LOSARINI S, M.Pd

Pendahuluan:

Widyaiswara membagikan kertas kp semua peserta utk membuat 1 pertanyaan kemudian suruh digeser dan di ceklis, pertanyaan yg diceklis terbanyak dibahas duluan.

Kajian SK-KD sebaga dului pengantar pengembangan silabus

Langkah-langkah pengembangan silabus

1, kaji SK KD, tdk hrs sesuai urutan di SI, ttp berdasarkan hirarki disiplin ilmu

2. indicator

3. materi pokok

4. kbm

5. alokasi

5. sumber belajar

6. penilaian

PEMBELAJARAN PAI DAN PEMETAAN MATERI PAI

KAMIS, 25 NOPEMBER 2010

MUARIPIN (alumni PGAN Sukamanah)

INPRES

Dananya 11 M untuk pelaksanaan diklat

PAIS, ada bantuan beasiswa untuk GPAI

DIKLAT

-       Pengadaan diklat regular

-       Penyelenggaraan diklat di tempat kerja

-       Penyelenggaraan pemberdayaan KKM, MGMP, KKG, dan kelompok kerja jabatab fungsional lainnya

-       Membangun mitra kerja dg lembaga diklat lainnya

-       Penyelenggaraan diklat jarak jauh (DJJ)*?????????

-       Diklat Inpres No 1 2010

STANDAR KOMPETENSI GURU PAI(6)

KOMPETENSI: KEMAMPUAN, KECERDASAN, KEAHLIAN. Usman (2005): suatu hal yg menggambarkan kualifikasi atau kemampuan seseorang, baik yg kualitatif maupun yg kuantitatif. 4 kompetensi guru

1.Kompetensi pedagogic

2.Social

3.Keperibadian

Kemampuan kepribadian yg mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. PP Nomor 19 thn 2005 ayat 3 pasal 28. KOmp kepribAdian ialah kompetensi yg berkaitan dg perilaku pribadi guru itu sendiri yg kelak memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpencar dalam perilaku sehari-hari.(djam’an satori 2007:25)

4.Profesional

Profesionalisme Adalah pekerjaan/kegiatan yg dilakukan oleh seseorang yg menjadi sumber penghasilan kehidupan yg memerlukan keahlian, kemahiran atau kecakapan yg memenuhi standar mutuatau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.(UU No 14 th 2005 ttg guru dan dosen)

PP 74 th 2008 pasal 7 ayat 4: kemampuan guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni budaya yg diampuhnya yg sekurang2nya meliputi:

-       Materi pelajaran

-       Konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi atau seni yg relevan.

Guru Profesional: guru yg memiliki kompetensi yg dipersyaratkan utk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Kompetisi meliputi: pengetahuan, sikap, dan keterampilan professional, baik yg bersifat pribadi, sosial

PEDAGOGIK: MEMBIMBING ANAK

Pedagogi; Pendidikan yg lebih menekankan kepada praktek, yg menyangkut kegiatan mendidik, membimbing anak.

permendiknas no 63 TTG SPM (STANDAR PELAYANAN MINIMAL) , EVADIR.

permendiknas no 15 ttg spm

Andragogik: pembelajaran orang dewasa

Pengembngn diri ada 2 aspek:

1.Ekstrakurikuler

2.Bimbingan Konseling

KONSEP PEMBELAJARAN DAN PEMETAAN MATERI PAI (7)

MUARIPIN

  • Pp NO 55 THN 2007 TTG pendidikan dan keagamaan: jika di sekolah ada 10 orang siswa yg berbeda agama, maka wajib mengadakan guru agama tsb.
  • Silabus: ikhtisar rencana pembelajaran
  • Sebelum mengajar harus ada maping dulu materi/pemetaan materi.

PENILAIAN(8)

LOSARINI SUMARTATI, M.Pd, Jum’at 26 Nop 2010.

MULTIPLE INTELLEGENSIl

1. Kecerdasan Linguistik (bahasa)

2. Kecerdasan Matematik

3. Kecerdasan spasial visual (penglihatan)

4. Kecerdasan Naturalis

5. Kecerdasan Musikal

6. Kecerdasan Interpersonal

7. Kecerdasan Intraperson

8. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PAI (9)

LOSARINI SUMARTATY. M.Pd

Game pembagian kelompok:

  1. Berdiri semua membuat lingkaran
  2. Ding ding langkah ke kanan, dong dong langkah ke kiri 2X
  3. Krincing krincing bungkuk sambil memainkan tangan, kroncong kroncong berdiri angkat kedua tangan 2X
  4. Hip hip sambil bergerak ke kanan terus dan berhenti apabila dikatakan nama bilangan, dan peserta harus berkelompok sesuai dengan bilangan yg disebut.
  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Netral
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

ü     Suami yg mapan secara ekonomi dianjurkan berpoligami……model physical self assasement..

ü     Jigsaw

ü     Card short

ü     Indeks  card match

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (10)

DURAHMAN

PERMEN 4 NO 16 TH 2010 TTG ANGKA KREDIT GURU , JUKLAK DAN JUKNIS

(CARI DI INTERNET)

MENGAPA HARUS PTK?

ü     GURU TTP BERTUGAS DI KLS

ü     MASALAHNYA DR GURU SENDIRI

ü     GURU DPT KONSULTASI KE PARA AHLI DI BIDANGNYA

ü     HASILNYA DAPAT DIRASAKAN LANGSUNG BAIK OLEH GURU MAUPUN SISWA

Guru Profesional

  1. Melaksanakan tugas profesi, yaitu  mendidik dan mengajar
  2. Meningkatkan profesi, agar menghasilkan prestasi yg lebih baik
  3. Masuk dan aktif dlm organisasi profesi….

Bahan dasar PTK adalah menguasai model dan metode pembelajaran.

Supriono: model kooperatif learning

PTK : suharsimi dan subakti,

Tugas Guru:

  1. Menyusun perencanaan pemb
  2. Melaksanakan  pemb
  3. Mengevaluasi hasil belajar
  4. Menganalisis hasil evaluasi belajar
  5. Memperbaiki/remedial
  6. Membimbing siswa

Macam-macam upaya pengembangan profesi:

  1. Menyusun kti
  2. Penyajikan prasarana ilmiah dlm seminar se kab

v     MATERIyg bermanfaat bagi sejawat

v     Disajikan di tingkat kab/kota

v     Diundang panitia

v     Ada makalah yg dibhs peserta

v     Ada ucapan terimakasih dr panitia

v     Daftar hadir minimum 25

  1. Menulis artikel ilmiyah popular
  • Materi yg bermanfaat bagi umum
  • Disajikan di media masa (majalah,surat kabar, radio)
  • Di temple di kertas folio/tidak
  • Untuk media ada ISSN
  • Untuk radio/tv ada surat keterangan
  1. Menghasilkan karya seni :
  • § Nilai 5 utk jmlh karya berbeda
  • § Puisi 5 buah
  • § Lukisan 5 buah
  • § Nyanyian 5 buah, disertai partitur dan latar belakang pembuatan, dinyanyikan, direkam cd
  • § Cerpen 5 buah, disertai latar belakang penulisan
  • § Dimuat di media masa, atau ditetapkan oleh ISBN
  • § Drama/seni daerah 1 buah, disertai latar belakang penulisan, dimainkan di tkt kab/kota, direkam dlm cd. Nilai 5 utk jmlh karya berbeda.
  1. Menghasilkan karya teknologi

Beberapa istilah penelitian tindakan

  1. PTK : utk guru objek siswa
  2. PTS

Persyaratan PT;

  1. Peneliti mmberi tgs
  2. Direncanakan secara cermat
  3. Mengaktifkan subjek tindakan
  4. Diamati pelaksanaannya dg lembar pengamatan.

PENELITIAN TINDAKAN

  1. PENGERTIAN

IN-REYEN METODE

SIKLUS PTK

Siklus I: perencanaan,(silabus, rpp, instrument penilaian, instrument pengamatan.

Perencanaan…….>Pelaksanaan………..>pengamatan…..>refleksi.

Output yg diharapkan:

  • Bukan semata-mata mengarah ke hasil, ttp proses dulu.

Perbedaan eksperimen dg ptk: eksperimen menekankan hasil ptk menekankan proses.

Dua bentuk eksperimen

  1. Lebih dr 2 kelompok
  2. Kurang dr 2 kelompok

PTK……..apa?……>mengapa?oleh siapa…>bagaimana..?

Mengapa guru hrs mlksnkan PTK?

  1. Merasakan bahwa pembelajaran yg biasanya dilakukan blm memuaskan
  2. Ada niat utk meningkatkan mutu pembelajaran
  3. Mslhnya dr kls yg paling merisaukan
  4. Guru tdk perlu keluar kls
  5. Guru mampu melaksanakan utk perbaikan pmbljrn
  6. Manfaatnya langsung dirasakan guru maupun siswa.
  7. Tdk perlu rumit

Cirri-ciri PTK:

  1. Berbeda dari yg lama
  2. Mengaktifkan siswa
  3. Difahami siswa
  4. Diamati seluruh proses dan hasilnya

Target pTK

Contoh permsn masalah

Sabtu, 27 Nopember 2010

LANJUTAN PTK……..

Penilaian KTI guru:

Berdasarkan kepmenpan 84 tahun 1993

  1. Dikirim langsung ke Tim penilai
  2. Tim penilai ada di Mendiknas Pusat

Syarat PTK :

APIK= Asli perlu Ilmiah Konsisten

Pedagogik, Standar Kompetensi dan Pengembangan Profesi Guru (11)

Asep Herdi, M.Ag

Predikat  guru….

  1. Figure panutan
  2. Digugu dan ditiru
  3. Kelompok elit dlm strata social
  4. Pengembang tugas mulia

Memanusiakan manusia

  1. Manusia kunci (key person) dlm keberhasilan pendidikan
  2. Pahlawan yg layak diberi tanda jasa
  3. Seorang ‘alim sbg pewaris Nabi

Guru menurut uu no 20/2003: pendidik professional..

Tugas utama guru:

  1. Mendidik( transfer of value)
  2. Mengajar (TRANSFER of knowledge)
  3. Melatih (transfer of skill)

Nilai Dasar (basic Value)

  1. Logika

Ukurannya; Benar-salah(TRUE-FALSE)

  1. Etika

Ukurannya; BAIK-BURUK (RIGHT-WRONG)

  1. Estetika

Ukurannya; BAGUS-JELEK ( good-bad)

Terjadi pergeseran nilai dan paradigm dlm bid pend:

  1. Dr belajar per-termin ke belajar sepanjang hayat.
  2. Pengetahuan ke belajar holistic
  3. Komunikasi guru-murid yg konfrontatif ke cara hub kemitraan dan kesetaraan
  4. Skill ke nilai
  5. Buta aksara ke buta teknologi, budaya dan informasi
  6. Penampilan guru terisolasi dan menyendiri ke tim kerja (teaching-team)
  7. Kompetisi ke kerjasama

Paedagogy

Ilmu mendidik dan mengajar= didaktik

Paedagogik: seni mendidik dan mengajar anak agar potensinya berkembang secara optimal menuju kedewasan

Andragogy

Ilmu mendidik bagi orang dewasa

Seni mendidik dan mengajar bagi orang dewasa.

Dewasa tdk selalu menunjuk kepada kelompok usia, ttpi lebih pada kematangan (maturasi) psikologis, social dan spiritual

Asumsi Andragogy:

  1. Self concept
  2. Experience
  3. Readiness(kesiapan belajar)
  4. Orientation to learn
  5. Motivation to learn

Prinsip-prinsip Paedagogy

  1. Berpusat pd siswa (student centred)
  2. Kegiatan tatap muka (face to face activity)
  3. Sesuai dg kemampuan dan kondisi (flexible)
  4. Sistematis & terstruktur
  5. Bimbingan individual
  6. Adanya penilaian (evaluasi)

We can lead a horse to water, but we can not make drink

If a child lives with criticism, he learn to condemn

Kewajiban Guru:

  • Menciptakan suasana pendidikan
  • Mempunyai komitmen
  • Member teladan dan menjaga nama baik.

Fungsi guru dlm pembelajaran

  • Fasilitator
  • Mediator
  • Evaluator
  • Organisator
  • Inisiator
  • Manager
  • Motivator

Motivasi<<….>>kebutuhan

The theory of need (Abraham maslow)

  • § Biological-need (food,drink,sleep)
  • § Security need (freedom from fear)
  • § Love & belonging need
  • § Self esteem need
  • § Self actualization need

Upaya menumbuhkan minat & motivasi….

  1. Menunjukan penting dan adanya pemenuhan kebutuhan
  2. Menghubungkan dgn pengalaman masa lalu
  3. Memberi kesempatan utk memperoleh hasil yg baik
  4. Member angka/nilai
  5. Member reward
  6. Adanya kompetisi yg sehat
  7. Sering member latihan
  8. Mengetahui hasil
  9. Kerjasama

10.  Tantangan

Unsure kompetensi

  • § Perfomence component
  • § Subject component

Profesional menurut UNESCO

  • § Well educated
  • § Well trained
  • § Well paid

Guru professional dapat sertifikasi pendidik.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (12), DURAHMAN

Kemampuan mengingat

3 jam                    3 hari

Verbal                   70 %                     10 %

Visual                   72 %                     20 %

Verbal+visual      85%                      65%

Tujuan penggunaa media

  • Menghilangkan salah tafsir
  • Menghindarkan kebosanan
  • Menarik perhatian dan minat
  • Mengatasi keterbatasan obyek
  • Memperlancar proses pembelajaran

Media pembelajaran: sgla sesuatu yg dpt digunakan utk menyalurkan pesan dr pengirim kepada penerima,

Jenis-jenis media:

  1. Media grafis

Gambar foto, kartun, bagan arus (flow chart)

  1. Media non proyeksi

Papan tulis, white board, flip chart, handout, grafik, peta, poster reklame, model/miniature, gambar kartun, flannel board.

  1. Media proyeksi diam

Film bingkai,overhead projector,alam terbuka, bahan ajar (handouts)

  1. Media audio visual

Film, tv, video cassette, laser video, compact disc video, computer multi media, LCD (liquid crystal display),elektronik multi media ( gambar, suara,gambar dan suara)

  1. PAPER GAME

DINAMIKA kelompok, ide-ide pemecahan kasus, menggali paradigm baru

  1. Story board

Minggu, 28 Nopember 2010

Muaripin….

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (13):

kriteria minimal tentang system pendidikan di seluruh hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia

5 pilar belajar

  1. Learning to belive
  2. Learning to know
  3. Learning to do
  4. Learning to live together
  5. Learning to be

Drs. H. Abu Bakar, M.Ag(kepala kantor kemenag kota Sukabumi)(14)

Kebijakan Kemenag Provinsi Jawa Barat

Ada yang baru bagian PAIS di kemenag tapi baru kemenag pusat, di daerah baru ada satu di Kab Bandung Barat.

Senin, 29 Nopember 2010

Rencana Tindak Lanjut (15)

Durahman

Harus membuat proposal kegiatan di kelompok masing-masing sebagai tindak lanjut dari Diklat Inpres ini.

Target RTL

  1. Menyamakan persepsi ttg mata diklat yg perlu RTL
  2. Menyamakan persepsi tentang aspek yg perlu TL
  3. Dst
  • DDTK, MGMP mengajukan proposal ke balai diklat, daerah hanya menyediakan tempat, sarana dan peserta, proposal harus masuk awal Januari, difasilitasi Balai Diklat.
  • Balai diklat juga mengadakan pendampingan utk guru PAI, 50 jp, tdk difasilitasi
  • DJJ (diklat jarak jauh), peserta datang 3 kali ke balai diklat, sisanya belajar modul melalui internet. Ini khusus utk PAI yg ada di sekolah umum.
  • Diklat di tempat kerja
  • Diklat Reguler
  • Diklat PIM IV
  • Diklat kepala Madrasah

vPROPOSAL AKSI TINDAK LANJUT DI KELOMPOK MASING-MASING

vPROPOSAL AKSI TINDAK LANJUT ANGKATAN 8.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: